Langkah-Langkah yang Harus Ditempuh Sebelum Membangun Rumah 2 Lantai

rumah-2-lantai-terbaru-2017-2018Rumah adalah istana semua keluarga, maka rumah haruslah dibuat senyaman mungkin. Pada umumnya sebuah keluarga lebih suka untuk membangun rumah dengan merancangnya sendiri, tentu dengan bantuan arsitek. Pada umumnya rumah berlantai 2 menjadi pilihan utama bagi sebuah keluarga, apalagi yang sudah memiliki anak. Biasanya, pemilik rumah tersebut memiliki gambaran rumah minimalis 2 lantai ini dengan fungsi, lantai 1 sebagai public area, seperti untuk ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruangan-ruangan umum lain. Sedangkan lantai 2 lebih berfungsi ke kamar dan ruang keluarga, hanya ruang untuk keluarga saja.

Langkah untuk membuat gambaran rumah minimalis yang ideal

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang patut anda gunakan untuk memberikan gambaran rumah minimalis 2 lantai seperti apa yang anda inginkan, antara lain:

  1. Konsep pembagian dan penataan ruang dalam rumah

Sebelum anda membangun sebuah rumah idaman anda, ada baiknya bagi anda untuk mengetahui ruangan apa saja yang anda inginkan terdapat dalam rumah anda. Selain itu, anda juga harus memperhitungkan tata letak dari ruangan-ruangan tersebut.

  1. Tata letak tangga

Sebaiknya buatlah tangga yang terletak pada daerah pojo-pojok rumah namun buatlah agar tetap menarik perhatian sehingga mudah untuk mengetahui dimana letak tangga tersebut. Buatlah tangga sesuai dengan aturan yang ada, tidak terlalu landai ataupun terlalu curam. Biasanya tangga bentuk L yang menyudut pada siku akan menjadi pilihan dalam pembangunan rumah minimalis.

  1. Perencanaan rancangan

Pastikan bahwa rancangan yang kita buat tersebut bukan hanya rancangan tapi merupakan sesuatu yang dapat kita buat. Kita harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan arsitek. Selain desain bangunan kita juga harus memastikan seperti pondasi, tinggi atap, batas tinggi antar lantai tiang-tiang dan berbagai macam detail konstruksi lainnya agar rumah kita menjadi rumah yang nyaman.

  1. Menghindari banyaknya sekat antar ruang

Memang dalam setiap rumah pasti perlu dinding yang menjadi pembatas ruang. Kita dapat meminimalisir dinding sebagai pembatas ruangan dan menggantinya dengan mungkin semacam dekorasi, rak buku dan perabot besar lainnya untuk mengurangi terlalu banyak tembok yang menjadi penghalang. Dan kesan luas juga akan semakin terasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *